24 Mei 2011

Arti Hidup


...begitu banyak hal yang ada di dunia ini. Beraneka ragam. Berwarna warni. Dan begitu besar ruang semesta ini. Dari dasar laut yang paling dalam dan kelam, sampai tampak hitam yang nun jauh di sana. Aku memang belum pernah menjangkau keduanya, baik dasar maupun ujungnya. Tapi aku percaya bahwa alam dan isinya, memang seluas dan sebanyak itu. Kebesaran yang tiada taranya, melampaui segala akal yang ada.

Dalam jumlah besar, orang pasti berkata bahwa dunia ini ada penciptanya. Hampir setiap agama dengan kitab sucinya mengatakan bahwa Tuhanlah yang menciptakan alam semesta ini. Mungkin hanya segelintir orang yang yakin dengan kekuatannya sendiri yang menyangkal akan keberadaan Tuhan sang pencipta. Tapi sudah jadi kebebasan setiap orang untuk memilih keyakinannya masing masing.

Bicara tentang pilihan, hidup memang penuh pilihan. Bahkan setiap detik kita dituntut untuk memilih. Mungkin jika digambarkan, hidup itu seperti batang pohon dengan cabang, ranting, dan buahnya. Batang adalah awal kehidupan, dengan salah satu buah sebagai akhir kehidupan. Jika tidak percaya takdir, rasakanlah bebasnya memilih di setiap saat.

Setiap awal pasti memiliki akhir. Ada perjumpaan maka ada pula perpisahan. Meskipun saat saat yang telah dilewati terasa begitu singkat, pasti ada arti yang terkandung di dalamnya. Begitu pula dunia dan kehidupan ini pasti punya inti yang begitu berarti. Apakah arti kehidupan itu? Carilah sampai ketemu... ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar